Penyebab Penyakit Gondok Beracun Pada Wanita dan Pria

Tahukah Anda, jika penyebab penyakit gondok beracun yang terjadi pada wanita ataupun pria tidak hanya karena gangguan pada kelenjar tiroid?

Yang paling umum kita ketahui, penyebab gondok adalah karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroid, yaitu:

  • tiroksin (T4)
  • triiodotironin (T3)

Baik karena infeksi atau peradangan, maupun karena hipertiroid atau kelebihan produksi hormon tiroid.

Penyebab Penyakit Gondok Beracun

Namun, yang harus Anda tahu adalah, bahwa masih ada kondisi lain yang juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit gondok beracun ini.

Mau tau apa saja? Di bawah ini informasinya yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Simak terus, ya!

Penyebab Penyakit Gondok Beracun Pada Wanita dan Pria

Penyakit gondok beracun yang membuat bagian leher Anda mengalami pembengkakan ini sebenarnya dapat dipicu oleh banyak kondisi, di samping karena gangguan pada kelenjar tiroid.

Ada beberapa kondisi yang juga termasuk ke dalam penyebab penyakit gondok beracun. Nah, penyebab-penyebab tersebut meliputi:

1. Penyakit Graves

Salah satu kondisi yang membuat sistem imune atau antibodi justru keliru dan malah menyerang kelenjar tiroid, sehingga menyebabkan pembengkakan pada tiroid.

2. Penyakit Hashimoto

Penyebab gondok beracun selanjutnya adalah penyakit hashimoto yang dapat menyebabkan kerusakan padab tiroid, sehingga menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid.

3. Defisiensi Yodium

Penyakit gondok beracun juga bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat yodium, sehingga mempengaruhi kinerja kelenjar tiroid dan menyebabkan tiroid Anda membengkak.

4. Nodul Pada Kelenjar Tiroid

Adanya nodul di dalam kelenjar tiroid juga menjadi salah satu penyebab penyakit gondok beracun. Meskipun bersifat jinak, nodul kelenjar tiroid harus segera ditangani sebelum berubah menjadi ganas.

5. Kanker Tiroid

Pembengkakan gondok juga bisa disebabkan oleh keberadaan kanker tiroid. Untuk mengetahui keberadaan kanker ini bisa melalui biopsi nodul tiroid.

6. Kehamilan

Meskipun jarang, hormon human chorionic gonadotropin (HCG) yang diproduksi saat hamil juga dapat membuat kelenjar tiroid Anda sedikit membesar.

Selain itu, kondisi lainnya seperti merokok tembakau, perubahan hormon karena pubertas, sampai dengan pengaruh darui obat litium yang biasanya digunakan untuk menangani bipolar atau depresi juga bisa menyebabkan penyakit gondok.

Faktor Risiko Penyakit Gondok Beracun

Selain penyebab di atas, Anda juga perlu tahu faktor-faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit gondok.

Beberapa faktor risiko penyakit gondok beracun ini meliputi:

  • Berjenis kelamin wanita. Umumnya, wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan pada kelenjar tiroid
  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit gondok
  • Menopause
  • Berusia di atas 40 tahun
  • Memiliki penyakit imune
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya amiodarone
  • Paparan radiasi, bak karena menjalani perawatan radiasi di leher atau dada ataupun terpapar radiasi di fasilitas nuklir, pengujian atau kecelakaan

Ketika Anda memiliki faktir risiko yang tinggi untuk terkena penyakit gondok beracun, pemeriksaan kesehatan secara berkala, khususnya bagian leher dan tiroid Anda sangat perlu untuk dilakukan.

Mau tau cara mengobati penyakit gondok beracun secara alami selain dengan operasi yang aman untuk anak-anak dan ibu hamil atau menyusui?

Yuk! Langsung saja baca informasinya DISINI!!


Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab penyakit gondok beracun pada wanita dan pria beserta solusi untuk mengatasinya. Semoga, artikel di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit gondok.

Salam Sehat 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Gejala Penyakit Gondok Beracun Pada Wanita dan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*